Jumat, 15 Januari 2010

Macam-macam Jaringan Komputer (1)

LAN (Local Area Network)

LAN (Local Area Network) merupakan sistem jaringan komputer untuk menjalin komunikasi data antara satu komputer dengan banyak komputer yang dihubungkan paling sedikit dengan satu server yang bertugas untuk mengatur jalannya semua lalu lintas komunikasi data dalam jaringan tersebut dan biasanya terbatas di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. Setiap jaringan komputer tersusun atas sebuah aturan tertentu yang disebut Topologi Jaringan . Untuk mempelajari LAN anda harus mengetahui 4 hal yaitu jenis topologi, teknik penyaluran sinyal, media transmisi dan metode akses.

Jenis Topologi

Dengan mengetahui jenis topologi, Anda dapat mengetahui cara untuk menghubungkan komputer dengan server. Istilah Topologi, dapat juga anda gunakan untuk menggambarkan bentuk hubungan fisik yang ada dalam sebuah Jaringan Komputer yang anda buat.

1.Topologi Bus

Topologi Bus menghubungkan beberapa node. Setiap node melakukan tugasnya masing-masing. Setiap komputer disambung dengan T-Bus (Bus berbentuk T) dan kedua ujung sambungan diberi resistor dengan nilai resistensi sebesar 50 ohm.

2.Topologi Star

Topologi ini menggambarkan setiap sistem pengguna kmputer berhubungan langsung dengan server pusat dan tidak perlu berhubungan ke pengguna lain.

3.Topologi Ring

Topologi ini semua komputer saling berhubungan fisik membentuk lingkaran, yaitu seperti topologi kabel bus, tetapi ujungnya saling disambung

4.Topologi Tree

Topologi ini seperti membentuk sebuah pohon dengan cabangnya. Topologi ini terdiri dari central node dan node yang saling berhubungan secara berjenjang.


Teknik Penyaluran Sinyal

1. Baseband

Merupakan teknik penyaluran dengan menggunakan sinyal digital. Pada teknik ini transfer data dapat mencapai 10 Mbps dengan jarak 500 meter.

2. Broadband

Merupakan teknik penyaluran dengan menggunakan sinyal analog. Kelebihan dari sinyal analog adalah dapat mengirim suara dan video secara bersamaan. Dalam beberapa hal, jaringan Broadband sama dengan jaringan TV.

Media Transmisi

1.Unicast
2.Multicast
3.Broadcast


Jenis Kabel Untuk LAN


1.Twisted Pair
2.Coaxial
3.Kabel Serat Optik (Fiber Optic)
4.CSMA/CD (Carrier Sign Multiple Access/Collision Detection)
5.Token Bus
6.Token Ring

Hardware yang Dibutuhkan untuk Membangun LAN


1.Server
2.Client/Terminal
3.NIC (Network Interface Card)
4.HUB/Repeater
5.Switch/Bridge
6.NOS (Network Operating System)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar